Nawacita News
Nawacita News

Di Banjarnegara Goweser Nikmati Serunya Arung Jeram Berkelas Internasional

 

NAWACITA, PURWOKERTO -Nikmati hari ke tujuh di Etape 7 rute Purwokerto – Banjarnegara para Goweser yang tergabung dalam Tim Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017 dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menempuh jarak 67 Km melalui tanjakan dan turunan lereng Gunung Slamet yang sejuk dengan panorama pegunungan hijau.

 

Bergowes sambil menyusuri keindahan wisata  alam di setiap daerah yang dikunjungi Tim GTPN 2017 ini merupakan bagian dari manfaat bersepeda selain membuat kita bugar,  juga  bergembira sambil menikmati pesona alam anugerah ciptaan Tuhan yang tak ternilai harganya.

“Dengan bersepeda badan semakin sehat dan bugar, banyak hal positip yang bisa kita temui di sepanjang jalan. Mengayuh sepeda sambil berekreasi menikmati indahnya alam,”  ungkap Agus Santoso Staf Kemenpora yang mendampingi Tim GTPN 2017, Kamis (31/8/2017).

 

Sesampainya di Kabupaten Banjarnegara,  Tim GTPN menikmati dinginnya air di Arung Jeram Sungai Serayu yang populer di kalangan masyarakat Banjarnegara dan Jawa Tengah.

 

Sungai Serayu mulai populer digunakan sebagai wahana wisata dan olahraga rekreasi arung jeram, sejak di selenggarakannya Kejuaraan Arung Jeram Nasional oleh Federasi Arung Jeram Indonesia Tahun 1997.

Sejak itu beberapa kali Sungai Serayu digunakan sebagai ajang kompetisi arung jeram bahkan ampai tingkat internasional. Kejuaraan Arung Jeram Internasional AustralAsia  diselenggarakan di Sungai Serayu pada tahun 2010 dihadiri belasan negara dari Asia dan Oceania.

 

Kini wisata alam dan olahraga rekreasi arung jeram menjadi alah satu unggulan wisata alam di Banjarnegara, dan kini telah beroperasi 3 usaha wisata arung jeram yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas MICE maupun Pelatihan di Alam Terbuka (Experiential Learning).

 

Demikian diungkapkan oleh Budi Yakin, Ketua Pelaksana GTPN yang  pernah menjadi Sekretaris Jendral Federasi Arung Jeram selama kurang lebih dari 14 tahun.
Perjalanan Goweser dari Kabupaten Banyumas menuju Banjarnegara dilepas oleh Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kab. Banyumas,  Suwondo Geni dan Kapolres AKBP Azis Adriansyah SH Sik,  mengerahkan jajarannya serta ratusan komunitas pesepeda lokal untuk mengawal Tim GTPN melalui batas desa Sumagede, Banyumas menuju Kota Susukan,  Banjarnegara sekitar 25 km dari Dominic Hotel, tempat bermalam Tim GTPN,  sebelum Tim GTPN melanjutkan perjalanan touringnya ke Banjarnegara.

Baca Juga  Diskusi Media Bersama DIV Humas Polri, PPWI, Ketua IWO Bekasi dan PWI Bekasi

Ucapan terimakasih pun disampaikan Sekdispora,  yang merasa bangga Kab. Banyumas menjadi salah satu rute yang disinggahi Tim GTPN 2017 dan berharap setelah semalam menginap di Purwokerto memberi kesan dan membawa penuh kenangan bagi Tim GTPN.

” Berhati -hati dalam perjalanan dan semoga selamat sampai finish di Banjarnegara,” kata Suwondo yang juga berharap sebagai tuan rumah Tim GTPN bisa lebih lama singgah di Kab.  Banyumas.

Selanjutnya pengawalan sejauh 25 Km oleh aparat kepolisian terus dilakukan sampai pada saat penyerahan tanah dan air dari Bumi Banyumas di perbatasan kota tepatnya di daerah Susukan, Banjarnegara.

Setelah itu Tim melanjutkan perjalanannya sejauh 45 Km lagi ke arah penginapan Pikas Cottage untuk beristirahat dan bermalam. Keesokon harinya Tim GTPN melakukan shalat Iedul Adha 1438 H di Banjarnegara bersama masyarakat Desa Sinargalih, Banjarnegara.

Tim GTPN 2017 ini tengah menempuh perjalanan Etape 7 dan 8  dari  Jakarta menuju Magelang, Jawa Tengah  dengan melewati kota dan wilayah : Bekasi, Karawang, Purwakarta, Bandung Barat, Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Garut, Pamengpeuk, Batu Karas, Pangandaran, Cilacap, Purwokerto, Banjarnegara, Wonosobo, Purworejo, Kulon Progo, Yogyakarta, Wonosari, Surakarta, Boyolali, Salatiga, Ungaran, Semarang, Bandungan, Ambarawa, Kopeng dan Magelang.

Tim Gowes Touring Pesona Nusantara ( GTPN) ini sudah menjelajah lebih dari 4300 km sejak 13 Mei 2017 yang dimulai dari Sabang KM 0 dan terbagi menjadi beberapa Etape perjalanan yang nantinya berakhir di Magelang pada tanggal 9 September 2017.

Etape 1 – mereka sudah menempuh 1157 km dari Sabang KM 0 sampai Balige TOBASA

Etape 2 – melanjutkan perjalanan dari BALIGE menuju kota Padang dengan jarak tempuh 727 km

Etape 3 – Dari Kota Padang menuju Bengkulu dengan jarak tempuh 625 km

Baca Juga  Penyidik Polsek Sumay Umar Dilaporkan Ke Propam Diduga Kriminalisasi Puluhan Pribumi Desa Semambu

Etape 4 – Dari Kota Bengkulu menuju Palembang dengan jarak tempuh 604 km

Etape 5 – Dari kota Palembang menuju Rangkas Bitung dengan jarak tempuh 632 km

Etape 6 – Dari Rangkasbitung Lebak menuju Jakarta dengan jarak tempuh 240 km.

Etape 7 – Dalam perjalanan dari Jakarta menuju Yogjakarta dengan jarak tempuh 781 km.

Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017  merupakan bagian kegiatan kampanye #Ayoolahraga yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora). Dicanangkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga pada tanggal 13 Mei 2017 di Sabang,  untuk menggerakkan masyarakat agar gemar berolahraga dan hidup sehat serta bugar.

Misi yang diemban mereka dalam ajang ini adalah mengkampanyekan olah raga rekreasi sepeda dan juga akan membawa air dan tanah nusantara dari wilayah yang dilewati tim selama touring dibawa dan disatukan  di Kota Magelang Jawa Tengah dalam suatu bentuk tugu atau monumen di Gunung Tidar.

Team GTPN ini berasal dari berbagai wilayah nusantara – Kalimantan, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Barat, ada yang datang dari kalangan Atlit muda kita, eks atlit dan dari komunitas sepeda. Dari awal Tim ini juga didampingi oleh perwakilan Kemenpora yang mengikuti dan mensupport para duta olah raga kita ini dalam menjalankan misi nya.

Para Riders atau pejuang dan duta Olah Raga  kami perkenalkan satu persatu :

1. Fanny Gunawan Sebagai Atlet Coach – Semarang

2. Marta Mufreni sebagai Road Captain ( RC ) – Tangerang

3. Kamaruzaman – Pontianak, Kalbar

4. Anisa Rizky Amalia – Jakarta

5. Mitya Fitrina – Bandung, Jabar

6. Kurnia Dian Anggraeni – Pasuruan – Jatim

7. Nina Puspawardhani – Solo, Jateng

Baca Juga  Plantikan IWO Kota Bekasi Suarakan Gerakan Anti Hoax

8. Yuni Indah Lestari – TNI AD, Cimahi

9. Gita Widya Yunika – Sidoarjo, Jatim

10. Siti Mahmudah – Kediri, Jatim

11. Agus Widodo, Kediri, Jatim

12. Dede Supriatna – Bandung, Jabar

13. Yeppy Kurniawan – Palembang, Sumatera Selatan

14. Fito Bakdo Prilanji – Pontianak, Kalbar

15. Woro Wiganti sebagai Manager Atlet – Jakarta.1

6. Budi Yakin sebagai Ketua Team Riders – Bekasi. Sofie

Tony Rosyid Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa Gak habis pikir! Semua aktifitas negara ini didominasi […]

Jakarta –  Sekjen Dewan Pengurus Nasional Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia, Cahyo Gani Saputro mengapresiasi langkah […]

Tony Rosyid Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa Asyik… Tol Trans Jawa sudah jadi. Lebaran bisa […]

Tony Rosyid Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa Menang! Itulah tujuan debat pilpres. Benarkah? Secara pragmatis, […]

Surabaya – Persatuan Alumni Gerakan Siswa Nasional Indonesia (GSNI) Jawa Timur menggelar acara Dies Natalis ke-60 […]