Nawacita News
Nawacita News

Mendekati Rekor MURI Touring Gowes Disambut Meriah Masyarakat Wonosobo

 

NAWACITA, WONOSOBO – Perjalanan Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017 sudah menempuh perjalanan sejauh 4.702 Km sampai Kulonprogo dan hampir mendekati Rekor MURI sebagai touring sepeda berkelompok terjauh dengan jarak 5000 Km.

Rute Banjarnegara menuju Wonosobo sudah ditempuh Tim Gowes sejauh 50 Km melalui medan tanjakan dan turunan serta jalanan berkelok kelok, berarti Tim GTPN sudah menempuh perjalanan sejauh 4.692 Km dan hari ini, Sabtu (2/2/2017) Tim melanjutkan perjalanannya dari Kab.  Wonosobo menuju Kulonprogo sejauh 90 Km,  jadi total jarak yang sudah ditempuh oleh Tim GTPN  mencapai 4.702 Km dan semakin mendekati prestasi Rekor MURI sejauh 5000 Km.

Meskipun kemarin harus merayakan Hari Raya Iedul Adha 1438 H jauh dari keluarga dan memendam rindu bercengkerama dengan keluarga,  Tim dan rombongan GTPN 2017 masih tetap bersemangat, lantaran kerinduannya telah terobati dengan shalat Iedul Adha bersama rombongan dan masyarakat Desa Sigaluh,  Kab.  Banjarnegara.

Kedatangan Tim GTPN di Kab.  Wonosobo kemarin, sore  disambut  Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagyo  dan Sekretaris Daerah (Setda), Eko Sutisno Wibowo dengan pengalungan bunga selamat datang dan menginap semalam di Hotel Cabin Tanjung untuk melanjutkan keesokan harinya dalam acara funbike di Alun -alun Wonosobo.

Hari ini,  Sabtu (2/9/2017) ratusan pecinta sepeda tumpah ruah memenuhi Alun Alun Wonosobo menyambut Tim GTPN 2017  yang bersamaan pula dengan penyelenggaraan Gowes Pesona Nusantara yang diadakan Pemkab.  Wonosobo.

Antusiasme masyarakat Wonosobo memberi pengalaman yang berkesan bagi Atlit dan Crew GTPN 2017 ini. Komunitas sepeda, para pelajar dan ibu -ibu berbaur bersama Bupati Wonosobo, Eko Purnomo dan Wakil Bupati, Agus Subagiyo didampingi Setda dan Kapolres Wonosobo  menyambut kedatangan duta olahraga dari Tim GTPN dan Asisten Deputi Kemenpora Bapak Teguh Raharjo yang singgah di Kabupaten Wonosobo.

Salah satu  pegowes dari Wonosobo Green Community, Tutik Sugiarti menyatakan senang dan bergembira  atas event olahraga gowes ini dan berharap kegiatan semacam ini sering diselenggarakan.

“Masyarakat Wonosobo ingin agar acara ini sering diadakan selain menambah kecintaanya pada olah raga juga bisa menyehatkan dan tidak harus keluar biaya banyak,” ujar Tutik berharap. Demikian juga pegowes senior Bapak Mujiono yang sangat antusias dengan kehadiran Tim GTPN di kotanya “saya gembira sekali dengan kehadiran Tim GTPN, banyak yang saya sudah kenal seperti Bu Woro Wigati dan Pak Budi Yakin, saya sering mengikuti Event mereka sebelumnya”, ujarnya.

Baca Juga  Antusias Masyarakat Menyambut Duta Olahraga, Kemenpora Ingin GTPN Dijadikan Kegiatan Tahunan

Penyambutan Tarian Lengger Jangkrik Genggong khas Wonosobo dan kuliner khas Wonosobo Mie Ongklok dengan kuah berkacang , kripik jamur serta manisan buah Carica merupakan bagian dari wisata kuliner Kab. Wonosobo menjadi daya tarik Tim GTPN untuk mencobanya.

Dalam sambutan Asisten Deputi (Asdep) Bidang. Sentra Pembinaan,  Kemenpora, Teguh Raharjo yang ikut mendampingi Tim GTPN berfunbike pun mengungkapkan harapannya.
“Ini merupakan program unggulan kami. Langkah kongkrit mendorong potensi olahraga generasi muda. Sekaligus mempersatukan kembali Indonesia yang akhir-akhir ini mengalami banyak masalah,” ungkap Asdep, Teguh Raharjo.

Ada sekitar 512 kabupaten/kota di seluruh Indonesia, tapi untuk Gowes Touring Pesona Nusantara tahun ini hanya akan singgah di sekitar 100 kabupaten/kota. “Semoga tahun depan akan lebih banyak lagi kabupaten kota yang bisa disinggahi,” ujar Teguh.

Di masing-masing kabupaten/kota, lanjut Teguh, tim Gowes Pesona Nusantara akan mengambil sejumput tanah dan air sebagai simbol harga diri bangsa. Untuk Wonosobo, tanah dan air diambilkan di Tuk Bima Lukar, di Dieng Timur, yang diyakini sebagai cikal-bakal berdirinya Kabupaten Wonosobo.

Hingga akhir di Magelang mendatang, perjalanan Gowes Nusantara akan menempuh jarak tak kurang dari 5.000 kilometer. “Saat di Magelang nanti Presiden Jokowi pun akan mengikuti gowes bersama enam ribu orang penggowes,” papar Teguh kemudian.

O

Bupati Eko Purnomo menyatakan, menyambut baik kedatangan tim Gowes Pesona Nusantara. “Semoga bisa menggairahkan keolahragaan di Wonosobo, mengangkat destinasi wisata sehingga akan meningkatkan perekonomian masyarakat Wonosobo,” katanya.

Selanjutnya dari Wonosobo Tim GTPN melanjutkan perjalanan di Etape 7 ke Kabupaten Purworejo dan finish di Kabupaten Kulonprogo. Di Purworejo Tim GTPN disambut H Muh. Wuryanto, Asisten Daerah (Asda) Bidang. Kesra dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora). Ahmad Kasinu.

Baca Juga  Presiden Bangga Dengan Para Atlet ASEAN 2017

Asda Muh. Wuryanto mengungkapkan sebagai suatu kebanggaan bagi Kabupaten Purworejo atas kedatangan tamu dari Tim GTPN dan ikut
berpartisipasi mengawal perjalanan demi persatuan tanah air ini.

“Berharap di tahun depan even ini tetap ada agar penyelenggaraannya bisa lebih baik lagi dan bisa melibatkan pelajar sekolah dasar dalam event ini,” jelas Asda didampingi para pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) dan Komunitas RAPI Kab. Purworejo.

Menurut Asda Muh. Wuryanto Kab. Purworejo tahun ini telah merenovasi alun alunnya lebih bagus dan dipersiapkan sebagai tahun kunjungan wisata  sehubungan dengan pembangunan Airport Internasional di Kulon Progo.

Purworejo adalah kota persinggahan terakhir Tim GTPN di Provinsi Jateng, selanjutnya  akan memasuki Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Daerah wisata alam Purworejo meliputi pegunungan, pantai,  mangrove,  dan kerajinan tangan guci buatan asli pengrajin Purworejo menjadi andalan Detinasi Wisata Kab. Purworejo.
Diperbatasan Provinsi Jawa Tengah dengan Propinsi DIY, yakni di Desa Dadirejo,  Tim GTPN disambut Kepala Dispora Kab. Kulonprogo, Marsono dan dihadiri pula Deputi Bidang. Kebudayaan Olahraga, Kemenpora,  Raden Isnanta yang turut bergowes sampai diperbatasan Jateng – DIY.

Tim GTPN 2017 ini tengah menempuh perjalanan Etape 7 dan 8  dari  Jakarta menuju Magelang, Jawa Tengah  dengan melewati kota dan wilayah : Bekasi, Karawang, Purwakarta, Bandung Barat, Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Garut, Pamengpeuk, Batu Karas, Pangandaran, Cilacap, Purwokerto, Banjarnegara, Wonosobo, Purworejo, Kulon Progo, Yogyakarta, Wonosari, Surakarta, Boyolali, Salatiga, Ungaran, Semarang, Bandungan, Ambarawa, Kopeng dan Magelang.

Tim Gowes Touring Pesona Nusantara ( GTPN) ini sudah menjelajah sejauh 4.702 km sejak 13 Mei 2017 yang dimulai dari Sabang KM 0 dan terbagi menjadi beberapa Etape perjalanan yang nantinya berakhir di Magelang pada tanggal 9 September 2017.

Etape 1 – mereka sudah menempuh 1157 km dari Sabang KM 0 sampai Balige TOBASA

Etape 2 – melanjutkan perjalanan dari BALIGE menuju kota Padang dengan jarak tempuh 727 km

Etape 3 – Dari Kota Padang menuju Bengkulu dengan jarak tempuh 625 km

Etape 4 – Dari Kota Bengkulu menuju Palembang dengan jarak tempuh 604 km

Baca Juga  Di Pangandaran Tim GTPN Disambut Indahnya Pesona Pantai Nan Eksostis

Etape 5 – Dari kota Palembang menuju Rangkas Bitung dengan jarak tempuh 632 km

Etape 6 – Dari Rangkasbitung Lebak menuju Jakarta dengan jarak tempuh 240 km.

Etape 7 – Dalam perjalanan dari Jakarta menuju Yogjakarta dengan jarak tempuh 781 km.

Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017  merupakan bagian kegiatan kampanye #Ayoolahraga yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora). Dicanangkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga pada tanggal 13 Mei 2017 di Sabang,  untuk menggerakkan masyarakat agar gemar berolahraga dan hidup sehat serta bugar.

Misi yang diemban mereka dalam ajang ini adalah mengkampanyekan olah raga rekreasi sepeda dan juga akan membawa air dan tanah nusantara dari wilayah yang dilewati tim selama touring dibawa dan disatukan  di Kota Magelang Jawa Tengah dalam suatu bentuk tugu atau monumen di Gunung Tidar.

Team GTPN ini berasal dari berbagai wilayah nusantara – Kalimantan, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Barat, ada yang datang dari kalangan Atlit muda kita, eks atlit dan dari komunitas sepeda. Dari awal Tim ini juga didampingi oleh perwakilan Kemenpora yang mengikuti dan mensupport para duta olah raga kita ini dalam menjalankan misi nya.

Para Riders atau pejuang dan duta Olah Raga  kami perkenalkan satu persatu :

1. Fanny Gunawan Sebagai Atlet Coach – Semarang

2. Marta Mufreni sebagai Road Captain ( RC ) – Tangerang

3. Kamaruzaman – Pontianak, Kalbar

4. Anisa Rizky Amalia – Jakarta

5. Mitya Fitrina – Bandung, Jabar

6. Kurnia Dian Anggraeni – Pasuruan – Jatim

7. Nina Puspawardhani – Solo, Jateng

8. Yuni Indah Lestari – TNI AD, Cimahi

9. Gita Widya Yunika – Sidoarjo, Jatim

10. Siti Mahmudah – Kediri, Jatim

11. Agus Widodo, Kediri, Jatim

12. Dede Supriatna – Bandung, Jabar

13. Yeppy Kurniawan – Palembang, Sumatera Selatan

14. Fito Bakdo Prilanji – Pontianak, Kalbar

15. Woro Wiganti sebagai Manager Atlet – Jakarta.

16. Budi Yakin sebagai Ketua Team Riders – sofie

Tony Rosyid Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa Gak habis pikir! Semua aktifitas negara ini didominasi […]

Jakarta –  Sekjen Dewan Pengurus Nasional Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia, Cahyo Gani Saputro mengapresiasi langkah […]

Tony Rosyid Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa Asyik… Tol Trans Jawa sudah jadi. Lebaran bisa […]

Tony Rosyid Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa Menang! Itulah tujuan debat pilpres. Benarkah? Secara pragmatis, […]

Surabaya – Persatuan Alumni Gerakan Siswa Nasional Indonesia (GSNI) Jawa Timur menggelar acara Dies Natalis ke-60 […]