Nawacita News
Nawacita News

Etape Menoreh Sambut Tim GTPN Dalam Balutan Budaya Jawa

NAWACITA, KULON PROGO -Dengan Balutan Budaya Tradisional Jawa Tim Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017 dikawal pasukan prajurit Khas Kulonprogo Bergodo, saat memasuki wilayah Alun Alun Wates, Kab. Kulonprogo, Minggu(3/9/2017).

Di hari terakhir di Etape 7 ini dinamai sebagai Etape Menoreh memang kali ini sangat berbeda dari daerah lain karena keunikannya menampilkan budaya jawa yang kental dalam prosesi penyambutan Tim GTPN.

 


Iringan gamelan kesenian tradisional Angguk Khas Kulonprogo dan tarian Beksan Pisungsung Agung pun menyambut mereka.

Ribuan masyarakat pun antusias menyambut para duta olahraga ini dengan membawa misi dan visi dari Kemenpora, ribuan kilometer sudah mereka tempuh demi meraih prestasi mencetak rekor MURI 5000 Km.

Ke 15 atlit sepeda yang tergabung di GTPN ini mewakili daerah se nusantara tuntaskan hari terakhir di Etape 7 Jakarta – Bandung – Yogyakarta sejauh 821 Km.

Ribuan masyarakat Kabupaten Kulonprogo bersatu padu menyemarakan even olahraga Gowes Pesona Nusantara, yang disertai penampilan seni budaya sebagai salah satu destinasi wisata Kulonprogo dan atraksi komunitas sepeda BMX.

Etape Menoreh ini juga dihadiri Bupati Kulonprogo Harto Wardoyo dan Deputi III Kemenpora Bidang. Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta.

Merekapun satu persatu diperkenalkan guna menambah semangat menyelesaikan misi bergowes sepanjang 5000 Km dari titik 0 Indonesia di kota Sabang, hingga berakhir di Magelang pada 9 September mendatang bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional 2017, di mana sejauh ini mereka telah melahap perjalanan 4.795 Km.

Prosesi penyerahan tanah dan air pun dibalut dengan kebudayaan. Sebanyak 13 dayang beserta satu Manggalayudha memasuki area acara diiringi musik gamelan sekaligus melakukan tarian sambil membawa tanah dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kulon Progo serta air suci yang diambil dari Sendang Kawidodaren.

Secara simbolis, Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo menyerahkan tanah dan air itu kepada Deputi Pembudayan Olahraga Raden Isnanta, untuk di bawa ke Magelang dijadikan satu dengan daerah lainnya pada Monumen Tanah Air Nusantara di kawasan Gunung Tidar.

Baca Juga  Singgah di Kota Semarang, Tim GTPN Kunjungi Destinasi Wisata Kota Tua

Bupati Hasto Wardoyo mengatakan bahwa kegiatan Gowes Pesona Nusantara ini besar maknanya, lantaran bisa menghidupkan partisipasi masyarakat untuk olahraga kemudian menimbulkan satu kebersamaan.

“Bagi kami ini merupakan perhelatan Gowes yang agung, karena memiliki makna yang besar sekali. Secara filosofi event Gowes Pesona Nusantara ini memiliki tujuan positif dengan disatukannya tanah dan air disetiap daerah, sehingga mempererat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tutur Bupati Hasto Wardoyo.

“Selain itu event Gowes Pesona Nusantara ini juga perlu dibudayakan, telebih dengan wacana adanya Hari Bersepeda Nasional yang akan dilakukan Menpora, Imam Nahrawi, tentu sangat baik, kami sangat mendukung wacana dan rencana tersebut karena bersepeda merupakan olahraga semua kalangan tanpa ada batasan,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi III Kemenpora Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta mengaku bangga dengan penyambutan Tim Gowes Pesona Nusantara oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo yang diiringi dengan prosesi tradisional serta masyarakat yang ikut mengiringi pegowes dengan bersepeda.

“Ini merupakan etape terakhir. Banyaknya yang datang ke alun-alun, mengindikasikan bahwa masyarakat Kabupaten Kulon Progo gemar bersepeda, karena dengan bersepeda menjalin semua lapisan masyarakat,” tutur Raden Isnanta.

Salah satu pelatih sepeda yang juga sesepuh Komunitas Sepeda Kulonprogo, Kusuma Ndaru merasa senang dengan kedatangan Tim GTPN ini dan memberi motivasi kepada masyarakat dan Pemkab.Kulonprogo untuk lebih berkreatif menggali potensi wisata sambil memadukan olahraga gowes.
” Agar Pemkab juga mengadakan even serupa GTPN pada tingkatan lokal yakni berkeliling menjelajah 12 kecamatan dan menggali potensi wisata dan budaya tiap kecamatan di Kulonprogo,” ujarnya berharap.

Selanjutnya Tim GTPN 2017 ini melanjutkan touringnya sejauh 39 Km menuju Kota Yogyakarta.

Sesampainya di Yogyakarta, Tim GTPN diberikan pengalungan medali atas tuntasnya Tim menempuh Etape ke 7 oleh Arief Nurbani Siswoyo selaku Kabid. Pengembangan Ruang Publik Olahraga, Kemenpora dan sesudahnya bersama rombongan diajak mengelilingi Kraton Yogyakarta.

Baca Juga  Antusias Masyarakat Pasundan Sambut Duta Olahraga dengan Senyum dan Salam Olah raga

Bersepeda memiliki nilai falsafah yang tinggi yang patut diteladani dan menjadi pedoman hidup masyarakat Indonesia, seperti yang pernah diungkapkan sebelumnya oleh Presiden RI Joko Widodo.

Presiden mengatakan bahwa bersepeda merupakan gambaran kebersamaan dari anggota tubuh yang beragam bentuk, fungsi dan posisinya. Dengan mengayuh sepeda seluruh anggota badan bergerak dalam harmoni. Dua tungkai kaki mengayuh pedal seirama, mata memandang awas ke depan, tangan menggenggam kemudi seraya jari waspada menarik tuas rem.

“Bersepeda itu bergerak maju dalam keseimbangan. Jika jalan menanjak, badan sedikit membungkuk. Jika berbelok ke kanan atau ke kiri, tubuh ikut menyelaraskan. Satu yang tetap, titik berat pesepeda selalu ada di tengah-tengah,” ungkap Presiden.

Tim GTPN 2017 ini tengah menempuh perjalanan Etape 7 dan 8  dari  Jakarta menuju Magelang, Jawa Tengah  dengan melewati kota dan wilayah : Bekasi, Karawang, Purwakarta, Bandung Barat, Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Garut, Pamengpeuk, Batu Karas, Pangandaran, Cilacap, Purwokerto, Banjarnegara, Wonosobo, Purworejo, Kulon Progo, Yogyakarta, Wonosari, Surakarta, Boyolali, Salatiga, Ungaran, Semarang, Bandungan, Ambarawa, Kopeng dan Magelang.

Tim Gowes Touring Pesona Nusantara ( GTPN) ini sudah menjelajah lebih dari 4.795 Km sejak 13 Mei 2017 yang dimulai dari Sabang KM 0 dan terbagi menjadi beberapa Etape perjalanan yang nantinya berakhir di Magelang pada tanggal 9 September 2017.

Etape 1 – mereka sudah menempuh 1157 km dari Sabang KM 0 sampai Balige TOBASA

Etape 2 – melanjutkan perjalanan dari BALIGE menuju kota Padang dengan jarak tempuh 727 km

Etape 3 – Dari Kota Padang menuju Bengkulu dengan jarak tempuh 625 km

Etape 4 – Dari Kota Bengkulu menuju Palembang dengan jarak tempuh 604 km

Etape 5 – Dari kota Palembang menuju Rangkas Bitung dengan jarak tempuh 632 km

Etape 6 – Dari Rangkasbitung Lebak menuju Jakarta dengan jarak tempuh 240 km.

Baca Juga  Di Banjarnegara Goweser Nikmati Serunya Arung Jeram Berkelas Internasional

Etape 7 – Dalam perjalanan dari Jakarta menuju Yogjakarta dengan jarak tempuh 781 km.

Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017  merupakan bagian kegiatan kampanye #Ayoolahraga yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora). Dicanangkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga pada tanggal 13 Mei 2017 di Sabang,  untuk menggerakkan masyarakat agar gemar berolahraga dan hidup sehat serta bugar.

Misi yang diemban mereka dalam ajang ini adalah mengkampanyekan olah raga rekreasi sepeda dan juga akan membawa air dan tanah nusantara dari wilayah yang dilewati tim selama touring dibawa dan disatukan  di Kota Magelang Jawa Tengah dalam suatu bentuk tugu atau monumen di Gunung Tidar.

Tim GTPN ini berasal dari berbagai wilayah nusantara – Kalimantan, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Barat, ada yang datang dari kalangan Atlit muda kita, eks atlit dan dari komunitas sepeda. Dari awal Tim ini juga didampingi oleh perwakilan Kemenpora yang mengikuti dan mensupport para duta olah raga kita ini dalam menjalankan misi nya.

Para Riders atau pejuang dan duta Olah Raga  kami perkenalkan satu persatu :

1. Fanny Gunawan Sebagai Atlet Coach – Semarang

2. Marta Mufreni sebagai Road Captain ( RC ) – Tangerang

3. Kamaruzaman – Pontianak, Kalbar

4. Anisa Rizky Amalia – Jakarta

5. Mitya Fitrina – Bandung, Jabar

6. Kurnia Dian Anggraeni – Pasuruan – Jatim

7. Nina Puspawardhani – Solo, Jateng

8. Yuni Indah Lestari – TNI AD, Cimahi

9. Gita Widya Yunika – Sidoarjo, Jatim

10. Siti Mahmudah – Kediri, Jatim

11. Agus Widodo, Kediri, Jatim

12. Dede Supriatna – Bandung, Jabar

13. Yeppy Kurniawan – Palembang, Sumatera Selatan

14. Fito Bakdo Prilanji – Pontianak, Kalbar

15. Woro Wiganti sebagai Manager Atlet – Jakarta.

16. Budi Yakin sebagai Ketua Team Riders – Bekasi. @sofie

Tony Rosyid Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa Gak habis pikir! Semua aktifitas negara ini didominasi […]

Jakarta –  Sekjen Dewan Pengurus Nasional Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia, Cahyo Gani Saputro mengapresiasi langkah […]

Tony Rosyid Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa Asyik… Tol Trans Jawa sudah jadi. Lebaran bisa […]

Tony Rosyid Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa Menang! Itulah tujuan debat pilpres. Benarkah? Secara pragmatis, […]

Surabaya – Persatuan Alumni Gerakan Siswa Nasional Indonesia (GSNI) Jawa Timur menggelar acara Dies Natalis ke-60 […]