Nawacita News
Nawacita News

Sukses Awali Etape 8 Tim GTPN Tempuh 101 Km Menuju Solo

 

NAWACITA, YOGYAKARTA -Bertolak dari Yogyakarta Tim Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017 awali perjalanan di Etape 8 Rute Yogyakarta – Wonosari – Surakarta sejauh 101 Km, Selasa (5/9/2017).

Pelepasan Tim GTPN 2017 dari Hotel Horison Yogyakarta oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, mengatakan kegiatan GTPN ini penting sebagai upaya memupuk persatuan dan merawat kebhinekaan.

“Kami berharap dan berdoa etape berikutnya lancar, aman tidak ada halangan sampai selesai di Magelang nanti,” ucapnya disela – sela prosesi penyerahan piagam dari Kemenpora ke Wakil Walikota Heroe Poerwadi.

 

Bagi para goweser menyusuri indahnya panorama pegunungan hijau dengan jalanan berkelok – kelok, namun tak mengurangi semangat ke 15 atlit sepeda ini dalam mengayuh sepedanya maju tanpa hambatan.

Seperti yang gambar Agus Widodo, atlit asal Kediri kelahiran 31 Agustus 1983 yang bersama sahabat Siti Mahmudah yang sama – sama tergabung di Tim GTPN 2017 ini, sangat suka perjalanan ini, meski banyak melewati tanjakan dan turunan dan ada sedikit jalan yang sedikit rusak.

“Tidak ada masalah, cuma yang kita butuh konsentrasi yang baik, meski ada insiden kecil tapi semua aman terkendali,” tutur Agus. Hari ini insiden terjadi beberapa kali Athlet sempat saling tabrak belakang
Yang terjaga beberapa atlet terjungkal saat kecepatan tinggi. Tidak berakibat fatal. “Ini bagian dari resiko dari bermain sepeda. Makanya kita harus selalu waspada di jalan yang mulus dan sepi sekalipun. Bahaya selalu mengintai”, kata Budi Yakin, Ketua Pelaksana Teknis GTPN.

Memasuki wilayah Kota pun, Tim sangat terbantu dengan pengawalan dari Kota Yogyakarta, Bantul, Gunung Kidul, yang dilakukan jajaran aparat kepolisian biasa dengan sigap mengawal tim dan rombongan sampai tujuan.

Baca Juga  Mau Udara Segar ? Ajak Keluarga Anda Bermain Ke Central Park Meikarta

Sambutan Bupati Gunung Kidul, Hj. Badingah di Pendopo Kab. Gunung Kidul, catur perjalanan GTPN ini sebagai perjalanan silaturahmi dan sarana komunikasi dalam kerangka kebatuan.

Bupati Gunung Kidul berharap wisata yang dimiliki Gunung Kidul menjadi wisata alam dan budaya menjadi daya tarik wisatawan lokal dan mancanegara melalui kegiatan GTPN ini.

“Rasakan dan nikmati pesona nusantara di Gunung Kidul semoga menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke daerah kami,” kata Bupati berpromosi dalam kenangannya sekaligus penyerahan simbolis tanah dan air serta bendera Pataka Kab. Gunung Kidul kepada Perwakilan Kemenpora, Agus Santoso.

Sesampai di Kota Surakarta setelah selesai menempuh 101 Km saat Tim GTPN beristirahat di hotel untuk berangkat dan menuju stamina untuk perjalanan kembali 106 Km menuju Kota Semarang.

Waktu sakit dan malam dimanfaatkan untuk wisata kota dan kuliner di Solo yang di kenal dengan salah satu pusat budaya Jawa. Selain peninggalan sejarah seperti Kraton Solofan Kraton Mangkunegaran, Solo punya warisan kuliner yang luar biasa.

Tim GTPN 2017 ini sudah bisa berangkat Etape 7, dari Jakarta menuju Magelang, Jawa Tengah dengan melewati kota dan wilayah: Bekasi, Karawang, Purwakarta, Bandung Barat, Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Garut, Pamengpeuk, Batu Karas, Pangandaran, Cilacap, Purwokerto, Banjarnegara, Wonosobo, Purworejo, Kulon Progo, Yogyakarta, Wonosari, Surakarta, Boyolali, Salatiga, Ungaran, Semarang, Bandungan, Ambarawa, Kopeng dan Magelang.

Tim Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) ini sudah menjelajah lebih dari 4300 km sejak 13 Mei 2017 yang dimulai dari Sabang KM 0 dan terbagi menjadi beberapa Etape perjalanan yang nanti berakhir di Magelang pada tanggal 9 September 2017.

Etape 1 – mereka sudah menempuh 1.157 km dari Sabang KM 0 sampai Balige TOBASA

Baca Juga  Menikmati Panorama Pegunungan di Garut Goweser Lewati Tanjakan Tertinggi di Jawa Barat

Etape 2 – turunan dari BALIGE menuju kota Padang dengan jarak tempuh 727 km

Etape 3 – Dari Kota Padang menuju Bengkulu dengan jarak tempuh 625 km

Etape 4 – Dari Kota Bengkulu menuju Palembang dengan jarak tempuh 604 km

Etape 5 – Dari kota Palembang menuju Rangkas Bitung dengan jarak tempuh 632 km

Etape 6 – Dari Rangkasbitung Lebak menuju Jakarta dengan jarak tempuh 240 km.

Etape 7 – Perjalanan dari Jakarta menuju Yogjakarta dengan jarak tempuh 781 km.
Dan saat ini tengah menempuh Etape 8 sebagai Etape terakhir dengan rute Yogyakarta – Magelang sejauh 318 Km.

Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017 merupakan bagian kegiatan kampanye #Ayoolahraga yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora). Dicanangkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga pada tanggal 13 Mei 2017 di Sabang, untuk menggerakkan masyarakat agar gemar berolahraga dan hidup sehat juga bugar.

Misi yang diemban mereka dalam ajang ini adalah mengkampanyekan olah raga rekreasi sepeda dan juga akan membawa udara dan tanah nusantara dari wilayah yang dilewati tim selama tur dibawa dan disatukan di kota Magelang Jawa Tengah dalam bentuk bentuk tugu atau monumen di gunung tidar.

Tim GTPN ini berasal dari berbagai wilayah nusantara – Kalimantan, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Barat, ada yang datang dari kalangan Atlit muda kita, eks atlit dan dari komunitas sepeda. Dari awal Tim ini juga didampingi oleh perwakilan Kemenpora yang ikut dan mensupport para duta olah raga kita ini dalam menjalankan nya nya.

Para Riders atau pejuang dan duta Olah Raga kami perkenalkan satu persatu:

1. Fanny Gunawan Menjadi Pelatih Atlet – Semarang

Baca Juga  Yasos Bks Salurkan Hewan Korban di Lapas Bulak Kapal Bekasi

2. Marta Mufreni sebagai Road Captain (RC) – Tangerang

3. Kamaruzaman – Pontianak, Kalbar

4. Anisa Rizky Amalia – Jakarta

5. Mitya Fitrina – Bandung, Jabar

6. Kurnia Dian Anggraeni – Pasuruan – Jatim

7. Nina Puspawardhani – Solo, Jateng

8. Yuni Indah Lestari – TNI AD, Cimahi

9. Gita Widya Yunika – Sidoarjo, Jatim

10. Siti Mahmudah – Kediri, Jatim

11. Agus Widodo, Kediri, Jatim

12. Dede Supriatna – Bandung, Jabar

13. Yeppy Kurniawan – Palembang, Sumatera Selatan

14. Fito Bakdo Prilanji – Pontianak, Kalbar

15. Woro Wiganti sebagai Manager Atlet – Jakarta.

16. Budi Yakin sebagai Ketua Team Riders – Bekasi. @sofie

Tony Rosyid Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa Gak habis pikir! Semua aktifitas negara ini didominasi […]

Jakarta –  Sekjen Dewan Pengurus Nasional Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia, Cahyo Gani Saputro mengapresiasi langkah […]

Tony Rosyid Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa Asyik… Tol Trans Jawa sudah jadi. Lebaran bisa […]

Tony Rosyid Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa Menang! Itulah tujuan debat pilpres. Benarkah? Secara pragmatis, […]

Surabaya – Persatuan Alumni Gerakan Siswa Nasional Indonesia (GSNI) Jawa Timur menggelar acara Dies Natalis ke-60 […]