Nawacita News
Nawacita News

Gowes Touring Pesona Nusantara Berhasil Cetak Rekor MURI 5000 Km

 

MAGELANG- Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017 Sebagai Duta Olahraga, Akhirnya berhasil cetak Rekor MURI Jelajahi Nusantara Sejauh 5000 Km sebagai touring berkelompok terjauh, Jumat (8/9/2017).

 

Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017 merupakan salah satu program pemerintah yang dicanangkan oleh  Menteri Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), bapak Imam Nahrawi, pada 13 Mei 2017 sebagai bagian dari program kerja pemerintah dalam mendukung upaya  memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat yang dikemas dalam suatu bentuk touring dengan bersepeda menempuh ribuan kilometer mengelilingi Nusantara di sembilan puluh kota dan kabupaten dari Km 0 di Sabang  sampai di Gunung Tidar,Magelang, Jawa Tengah.

 

Hari ke empat dari Etape 8 dengan rute Bandungan, Ambarawa dan Magelang sejauh 67 Km berhasil diselesaikan ke 16 atlit sepeda sebagai etape terakhir dalam rangkaian GTPN dengan total jarak yang ditempuh keseluruhan di etape terakhir ini sejauh 318 Km.

Diiringi Komunitas Sepeda Ambarawa yang antusias dengan kehadiran Tim GTPN di kota nya dam mengantarnya sampai diperbatasan Kota Ambarawa.

 

Dengan semangat  para goweser tetap menikmati tanjakan dan turunan sepanjang jalan yang mereka lalui. Mereka pun singgah di Museum Kereta Api yang bersejarah yang merupakan salah satu obyek wisata di Kota Ambarawa.

 

Museum Kereta Api Ambarawa adalah sebuah stasiun kereta api yang sekarang dialihfungsikan menjadi sebuah museum yang memiliki  kelengkapan kereta api yang pernah berjaya pada zamannya. Salah satu kereta api uap dengan lokomotif nomor B. 2502 dan B 2503 buatan Maschinenfabrik Esslingen, serta B 5112 buatan Hannoversche Maschinenbau AG, sampai sekarang masih dapat menjalankan aktivitas sebagai kereta api uap wisata yang bergerigi sangat unik dan merupakan salah satu dari tiga yang masih tersisa di dunia.

Dua di antaranya ada di Swiss dan India. Selain koleksi-koleksi unik tadi, masih dapat disaksikan berbagai macam jenis lokomotif uap dari seri B, C, D hingga jenis CC yang paling besar (CC 5029) Schweizerische Lokomotiv und Maschinenfabrik/Swiss Locomotive and Machine Works) di halaman museum.

 

Sesampainya di Alun – Alun Kota Magelang, Tim GTPN disambut Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Kemenpora, Raden Isnanta dan penyerahan medali etape 8 kepada 16 atlit yang telah berhasil menyelesaikan etape 8 di Kota Magelang.

Baca Juga  Presiden Bangga Dengan Para Atlet ASEAN 2017

 

“Semoga keberhasilan rekor MURI ini bisa menjadi modal bagi kita untuk lebih meningkatkan prestasi kita lebih baik lagi bahkan bisa mencapai rekor Internasional,” kata Deputi Raden Isnanta bangga.

Ungkapan rasa bangga atas tercapainya prestasi

Rekor MURI 5000 Km pun diungkapkan  atlit dari Kalimantan Barat, Kamaruzaman yang baru kali ini mengikuti touring sepeda di pulau Jawa, terlebih mencetak rekor MURI kategori Touring Berkelompok Terjauh.

 

“Banyak pengalaman berharga yang saya dapatkan dari event ini kekompakan, kebersamaan dan semangat juang dalam menghadapi tantangan di medan perjalanan,”  ujar Kamaruzaman senang.

 

Begitu juga yang dikatakan Fanny Gunawan dan Woro Wigati bergabungnya mereka dalam Tim GTPN semakin bangga dengan tanah air Indonesia yang kaya akan aneka macam budaya, adat dan berbagai wisata alam dan kuliner yang menarik dan mempesona selama dalam perjalanan GTPN 2017 keliling dari Sabang sampai Magelang.

 

“Rasa persatuan, cinta tanah air semakin kuat sejalan dengan misi kita mengkampanyekan ayo olahraga, ” tutur Woro Wigati.

 

Bahkan jarak yang ditempuh oleh Tim GTPN sejak mulai dari Etape 1 sampai 8  melebihi rekor MURI yakni sejauh 5.124 Km.

 

Didukung 16 atlit pesepeda profesional  yang terdiri dari 8 atlit pria dan 8 atlit wanita dan dipandu seorang Road Captain, Atlit Manager dan Ketua Koordinator Pelaksana Tekhnis beserta crew yang membantu kelancaran kegiatan ini, Tim GTPN tidak  hanya sebagai duta olahraga yang menularkan jiwa patriotik dan semangat juang serta menjalin persatuan dan kesatuan bangsa, tetapi diharapkan Tim GTPN 2017 ini ikut andil dalam mempromosikan  keindahan destinasi wisata nusantara dari daerah – daerah yang mereka singgahi.

 

Menteri Pemuda dan Olahraga berharap agar semangat juang para duta olahraga ini bersama animo dan antusias masyarakat baik yang tergabung dalam ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia)dan  komunitas gowes lokal mampu menjadikan olahraga sepeda bagian dari hidup sehat, bugar dan berprestasi.

Baca Juga  Etape Menoreh Sambut Tim GTPN Dalam Balutan Budaya Jawa

 

Kegiatan Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) ini merupakan bagian dari Gerakan Pesona Nusantara (GPN) yang digalakkan di setiap daerah – daerah di Indonesia yang juga merupakan gerakan kampanye #Ayoolahraga yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) dan  dicanangkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga pada tanggal 13 Mei 2017 di Sabang,  untuk menggerakkan masyarakat agar gemar berolahraga dan hidup sehat serta bugar.

 

Dengan demikian Tim Gowes telah menempuh perjalanan +/- 5000 Km, melalui 11(sebelas) Provinsi, dan hampir 70 Kota/Kabupaten, melalui lebih dari 300 kota besar, kota kecil dan kota kecamatan dan sekaligus pencampain prestasi  Rekor MURI dengan kategori Touring Sepeda Berkelompok  Terjauh dengan jarak tempuh 5000 Km.

 

Mengunjungi berbagai  destinasi dan panorama indah sepanjang perjalanan di Pulau Sumatera seperti pantai-pantai Pulau Sabang, Pantai Barat Aceh, Danau Laut Tawar Takengon, Danau Toba, Pegunungan Bukit Barisan Selatan, Panorama Bukit Tinggi, Danau Singkarak, Danau Kembar, Puncak Mandeh, Pantai Panjang Bengkulu, Kawasan Wisata Lubuk Linggau, Kawasan Wisata Lahat, Wisata Palembang, Taman Nasional Way Kambas,  dan Wisata Alam di Wilayah Kab/Kota menuju Kabupaten Rangkasbitung, Propinsi Banten.

 

Tim GTPN 2017 ini sudah menempuh perjalanan Etape 7 dan 8  dari  Jakarta menuju Magelang, Jawa Tengah  dengan melewati kota dan wilayah : Bekasi, Kerawang, Purwakarta, Bandung Barat, Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Garut, Pamengpeuk, Batu Karas, Pangandaran, Cilacap, Purwokerto, Banjarnegara, Wonosobo, Purworejo, Kulon Progo, Yogyakarta, Wonosari, Surakarta, Boyolali, Salatiga, Ungaran, Semarang, Bandungan, Ambarawa, Kopeng dan Magelang.

 

Berbagai pesona wisata nusantara di Pulau Jawa dari Jakarta menuju Magelang, mereka  menikmati berbagai budaya, tarian dan kuliner khas sunda sampai jawa menjadi pengalaman yang berkesan sebagai bukti keanekaragaman suku, budaya, adat dan kuliner yang dimiliki tanah air Indonesia sebagai aset bangsa yang perlu dijaga dan dilestarikan dalam wadah persatuan dan kesatuan NKRI.

 

Rekor MURI sebagai tuoring sepeda berkelompok terjauh dengan menjelajah 5.124 Km yang terbagi dalam 8 Etape dengan rincian sebagai berikut:

Baca Juga  Penyambutan Terheboh, Gowes Touring Dikawal Polisi Bersepeda Sampai Tarian Budaya

 

Etape 1 – mereka sudah menempuh 1.157 km dari Sabang KM 0 sampai Balige TOBASA

Etape 2 – melanjutkan perjalanan dari BALIGE menuju kota Padang dengan jarak tempuh 727 km

Etape 3 – Dari Kota Padang menuju Bengkulu dengan jarak tempuh 625 km

Etape 4 – Dari Kota Bengkulu menuju Palembang dengan jarak tempuh 604 km

Etape 5 – Dari kota Palembang menuju Rangkas Bitung dengan jarak tempuh 632 km

Etape 6 – Dari Rangkasbitung Lebak menuju Jakarta dengan jarak tempuh 240 km.

Etape 7 – Dalam perjalanan dari Jakarta menuju Yogjakarta dengan jarak tempuh 781 km.

Etape 8 – Yogyakarya – Magelang dengan  jarak tempuh 318 Km.

 

Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017  merupakan bagian kegiatan kampanye #Ayoolahraga yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora). Dicanangkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga pada tanggal 13 Mei 2017 di Sabang,  untuk menggerakkan masyarakat agar gemar berolahraga dan hidup sehat serta bugar.

 

Tim GTPN ini berasal dari berbagai wilayah nusantara – Kalimantan, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Barat, ada yang datang dari kalangan Atlit muda kita, eks atlit dan dari komunitas sepeda.

 

Para Riders atau pejuang dan duta Olah Raga  kami perkenalkan satu persatu :

1. Fanny Gunawan Sebagai Atlet Coach – Semarang

2. Marta Mufreni sebagai Road Captain ( RC ) – Tangerang

3. Kamaruzaman – Pontianak, Kalbar

4. Anisa Rizky Amalia – Jakarta

5. Mitya Fitrina – Bandung, Jabar

6. Kurnia Dian Anggraeni – Pasuruan – Jatim

7. Nina Puspawardhani – Solo, Jateng

8. Yuni Indah Lestari – TNI AD, Cimahi

9. Gita Widya Yunika – Sidoarjo, Jatim

10. Siti Mahmudah – Kediri, Jatim

11. Agus Widodo, Kediri, Jatim

12. Dede Supriatna – Bandung, Jabar

13. Yeppy Kurniawan – Palembang, Sumatera Selatan

14. Fito Bakdo Prilanji – Pontianak, Kalbar

15. Woro Wiganti sebagai Manager Atlet – Jakarta.

16. Budi Yakin sebagai Ketua Team Riders – Bekasi. @ sofie

Tony Rosyid Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa Gak habis pikir! Semua aktifitas negara ini didominasi […]

Jakarta –  Sekjen Dewan Pengurus Nasional Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia, Cahyo Gani Saputro mengapresiasi langkah […]

Tony Rosyid Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa Asyik… Tol Trans Jawa sudah jadi. Lebaran bisa […]

Tony Rosyid Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa Menang! Itulah tujuan debat pilpres. Benarkah? Secara pragmatis, […]

Surabaya – Persatuan Alumni Gerakan Siswa Nasional Indonesia (GSNI) Jawa Timur menggelar acara Dies Natalis ke-60 […]