Nawacita News
Nawacita News

Singgah di Kota Semarang, Tim GTPN Kunjungi Destinasi Wisata Kota Tua

 

SEMARANG- Sebanyak 15 atlit sepeda nasional peserta Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017 dari Kementrian Pemuda dan Olahraga, dihari ke tiga Etape Terakhir tiba di Balaikota Semarang Jalan Pemuda 148, Kamis (7/9).

 

Rombongan diterima oleh Asisten Adminitrasi Umum Agustin Lusin Dwimawati didampingi oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Semarang Gurun Risyadmoko.

 

Dalam sambutannya Agustin Lusin menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Gowes Touring Pesona Nusantara di Kota Semarang  setelah menempuh perjalananan yang sangat jauh dari titik 0 Km di Sabang menuju finish di Kota Magelang, Jawa Tengah.

 

Menurut Agustin Lusin  , penyambutan yang sangat sederhana di Semarang ini hendaknya tidak mengurangi semangat para atlit yang akan menempuh jarak  ribuan  kilometer  hingga sampai ke finish.

 

“Dengan adanya Gowes Pesona Nusantara ini diharapkan dapat mempromosikan Semarang sebagai salah satu Kota Pariwisata di Jawa Tengah mulai dari Wisata Budaya, Kuliner dan Peninggalan Religi yang harus dikunjugi”, ujar Agustin Lusin.

 

Salah satu atlit sepeda yang ikut tim Gowes Touring Pesona Nusantara Gita mengatakan, walaupun cukup berat  medan yang mereka lalui mereka tetap semangat sejak berangkat dari Sabang pada bulan Mei lalu.

Gita mengaku senang menjadi bagian dari Tim, karena bisa menikmati keindahan dan melihat kekayaan alam yang dimiliki Indonesia.

 

Sebelum rombongan dan Tim GTPN diterima Asda 3 di Balai Kota Semarang, Tim sempat singgah di Obyek Wisata Masjid Blenduk yang unik bentuk kubahnya.

 

Gereja Blenduk, alias GPIB Immanuel merupakan salah satu landmark kota Semarang yang populer, sehingga kunjungan ke gereja tertua di Jawa Tengah.Dibangun pada tahun 1753 dengan gaya rumah panggung khas Jawa.

Lalu Gereja  direnovasi pada tahun 1894 oleh de Wilde dan Westmas hingga memiliki bentuk kubah besar seperti sekarang. Karena bentuk kubahnya yang menonjol itulah, Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) jemaat Imanuel ini lebih populer disebut Gereja Blenduk oleh masyarakat (blenduk: bentuk membulat).

Baca Juga  PT Bumi Pari Diduga Kriminalisasi Warga Pulau Pari Untuk Privatisasi #lawan

 

Selain obyek wisata gereja ada juga  Klenteng Kwan Im Ting dibangun pada tahun 1724 , Klentang Sam Poo Khong, Pagoda Avalokitesvara di Watugong dan Masjid Agung Jawa Tengah karya H. Hayatuddin yang luas dan megah dengan ornamen  dan interior yang indah.

 

Di dalamnya terdapat Menara Asmaul Husna, Alquran raksasa dan replik bedug raksasa. Masjid dengan memadukan arsitektur gaya tradisional  jawa, eropa dan timur tengah itu menjadi ikon wisata Kota Semarang.

Kota ini menunjukkan keindahannya dengan harmonisasi para warganya. Di mana masjid, gereja, dan klenteng hidup berdampingan dengan menjaga toleransi beragama.

 

Staf Kemenpora, Agus Santoso pun mengatakan, Gowes Toyring ini bagaian dari misi kampanye ayo olahraga dan melalui bersepeda kita bisa berwisata  baik wisata alam maupun wisata kuliner. “Filosopi bersepeda adalah kerjasama untuk maju ke depan,” pesan Agus diakhir sambutannya dan tak lupa mengucapkan terimakasih bisa menginap di Semarang dan mohon doa restu untuk melanjutkan perjalanan.

 

Selanjutnya penyerahkan piagam penghargaan dari Kemenpora atas dukungan Pemerintah Kota Semarang pada kegiatan GTPN 2017 ini.

Tim lalu melanjutkan perjalanannya sejauh 44 Km menuju Candi Gedong Songo, Bendungan dan akan berakhir di penginapan  Grand Valley.

 

Keluar dari Kota Semarang Goweser langsung dihajar tanjakan yang menjadi pemanasan buat atlit di pagi yang mulai menghangat dan juga turunan yang membuat atlit fokus pada kecepatan tinggi.

 

Medan yang silih berganti tanjakan dan turunan di tengah segarnya udara pagi pinggiran Kota Semarang dengan menyusuri  hutan bambu yang indah.

Mereka akan mengakhiri petualangannya sejauh 5.124 Km di Magelang, tepatnya di kawasan Gunung Tidar pada 9 September mendatang dalam acara puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang akan dihadiri  Presiden Joko Widodo.

Baca Juga  Sekjen Demokrat Mengagumi Penataan Hunian Kota Meikarta

 

Tim GTPN 2017 ini sudah menyelesaikan perjalanan Etape 7 dan tengah menempuh Etape 8,  dari Yogyakarta menuju Magelang, Jawa Tengah  dengan melewati kota dan wilayah : Bekasi, Karawang, Purwakarta, Bandung Barat, Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Garut, Pamengpeuk, Batu Karas, Pangandaran, Cilacap, Purwokerto, Banjarnegara, Wonosobo, Purworejo, Kulon Progo, Yogyakarta, Wonosari, Surakarta, Boyolali, Salatiga, Ungaran, Semarang, Bandungan, Ambarawa, Kopeng dan Magelang.

Tim Gowes Touring Pesona Nusantara ( GTPN) ini sudah menjelajah lebih dari 4.957 km sejak 13 Mei 2017 yang dimulai dari Sabang KM 0 dan terbagi menjadi beberapa Etape perjalanan seperti :

 

Etape 1 – mereka sudah menempuh 1.157 km dari Sabang KM 0 sampai Balige TOBASA

Etape 2 – melanjutkan perjalanan dari BALIGE menuju kota Padang dengan jarak tempuh 727 km

Etape 3 – Dari Kota Padang menuju Bengkulu dengan jarak tempuh 625 km

Etape 4 – Dari Kota Bengkulu menuju Palembang dengan jarak tempuh 604 km

Etape 5 – Dari kota Palembang menuju Rangkas Bitung dengan jarak tempuh 632 km

Etape 6 – Dari Rangkasbitung Lebak menuju Jakarta dengan jarak tempuh 240 km.

Etape 7 –  Perjalanan dari Jakarta menuju Yogjakarta dengan jarak tempuh 781 km.
Dan saat ini tengah menempuh Etape 8 sebagai Etape terakhir dengan rute Yogyakarta – Magelang sejauh 318 Km. Dan total keseluruhan jarak yang sudah ditempuh mencapai 4.913 Km  sudah mereka lalui sampai dengan di Semarang.

Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017  merupakan bagian kegiatan kampanye #Ayoolahraga yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora). Dicanangkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga pada tanggal 13 Mei 2017 di Sabang,  untuk menggerakkan masyarakat agar gemar berolahraga dan hidup sehat serta bugar.

Baca Juga  Sukses Awali Etape 8 Tim GTPN Tempuh 101 Km Menuju Solo

Misi yang diemban mereka dalam ajang ini adalah mengkampanyekan olah raga rekreasi sepeda dan juga akan membawa air dan tanah nusantara dari wilayah yang dilewati tim selama touring dibawa dan disatukan  di Kota Magelang Jawa Tengah dalam suatu bentuk tugu atau monumen di Gunung Tidar.

Team GTPN ini berasal dari berbagai wilayah nusantara – Kalimantan, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Barat, ada yang datang dari kalangan Atlit muda kita, eks atlit dan dari komunitas sepeda. Dari awal Tim ini juga didampingi oleh perwakilan Kemenpora yang mengikuti dan mensupport para duta olah raga kita ini dalam menjalankan misi nya.

Para Riders atau pejuang dan duta Olah Raga  kami perkenalkan satu persatu :

1. Fanny Gunawan Sebagai Atlet Coach – Semarang

2. Marta Mufreni sebagai Road Captain ( RC ) – Tangerang

3. Kamaruzaman – Pontianak, Kalbar

4. Anisa Rizky Amalia – Jakarta

5. Mitya Fitrina – Bandung, Jabar

6. Kurnia Dian Anggraeni – Pasuruan – Jatim

7. Nina Puspawardhani – Solo, Jateng

8. Yuni Indah Lestari – TNI AD, Cimahi

9. Gita Widya Yunika – Sidoarjo, Jatim

10. Siti Mahmudah – Kediri, Jatim

11. Agus Widodo, Kediri, Jatim

12. Dede Supriatna – Bandung, Jabar

13. Yeppy Kurniawan – Palembang, Sumatera Selatan

14. Fito Bakdo Prilanji – Pontianak, Kalbar

15. Woro Wiganti sebagai Manager Atlet – Jakarta.

16. Budi Yakin sebagai Ketua Team Riders – Bekasi. @sofie

Tony Rosyid Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa Gak habis pikir! Semua aktifitas negara ini didominasi […]

Jakarta –  Sekjen Dewan Pengurus Nasional Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia, Cahyo Gani Saputro mengapresiasi langkah […]

Tony Rosyid Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa Asyik… Tol Trans Jawa sudah jadi. Lebaran bisa […]

Tony Rosyid Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa Menang! Itulah tujuan debat pilpres. Benarkah? Secara pragmatis, […]

Surabaya – Persatuan Alumni Gerakan Siswa Nasional Indonesia (GSNI) Jawa Timur menggelar acara Dies Natalis ke-60 […]