Nawacita News
Nawacita News

Meikarta Akan Jadi Megapolitan

 

Bekasi – Jangan heran jika Kabupaten Bekasi tak lama lagi bakal menjadi megapopolitan seperti Jakarta. Pusat industri diikuti dengan kawasan perkantoran dan hunian jadi satu dalam menyulap wajah Kabupaten Bekasi. Mobilitas kehidupan di Kabupaten Bekasi terus berputar 24 jam.

Paling fenomenal sudah menyulap wajah Kabupaten Bekasi adalah pembangunan kota mandiri Meikarta di Cikarang, yang masih bagian dari yirisidoksinya. Megaproyek dengan nilai investasi Rp278 triliun ini dibangun PT Cikarang Tbk, anak perusahaan Lippo Grup.

Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin ketika ditemui wartawan di Bekasi, baru-baru ini, memberikan apresiasi atas kehadiran Meikarta. Bahkan, Bupati Neneng terang-terangan menegaskan bahwa birokrasi di pemerintahannya tak akan berbelit terhadap pengusaha yang mau berinvestasi di Kabupaten Bekasi.

Apalagi jika dilihat dari dari economic base industry, Neneng mengatakan, Bekasi saat ini merupakan wilayah untuk investasi properti. “Kami berikan kemudahan siapapun untuk investasi,” kata Neneng.

Saat ini, Lippo Grup tengah menggarap proyek Meikarta yang memberikan multiplier effect terhadap perekonomian wilayah sekitar Bekasi. Sekitar 4.000 perusahaan ada di wilayah tersebut, diperkirakan lebih dari 21.000 ekspatriat bekerja di kawasan industri di Cikarang.

Kabid Pengendalian dan Pembukuan, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bekasi, Gatot Purnomo menambahkan, dengan adanya proyek Meikarta di Cikarang Selatan bisa mendongkrak berkembangnya perekonomian di Kabupaten Bekasi dan sekitarnya.

“Berkembangnya perekonomian di daerah dari kegiatan usaha atau investasi Meikarta, dapat memunculkan potensi pendapatan daerah berupa obyek pajak daerah,” kata Gatot.

Sementara terkait potensi dapat diukur setelah kegiatan usaha di wilayah setempat itu sudah berjalan. Dia yakin proyek ini nantinya bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari beberapa sektor. Misalnya, pajak dari restoran. Selain daerah, keuntungan lainnya juga akan dirasakan oleh pemerintah pusat. “Harapan kami, proyek ini membawa dampak positif untuk pemerintah daerah,” tandas Neneng. Bie

Baca Juga  Penjualan Jamu Online Ilegal Rugikan Pengusaha Kecil

  Jawa Barat -Ketiga partai yang tergabung dalam Koalisi Pancasila masih membuka diri bagi partai […]

  Jawa Timur – Perempuan memiliki peran penting dalam menjaga perdamaian, tidak hanya untuk lingkup […]

  Jakarta – Sekjen Partai Golkar Idrus Marham menegaskan pembahasan soal rekomendasi penonaktifan Setya Novanto […]

Presiden Jokowi Bersama Ketua Umum Pro Jokowi Razali ismail Ubit  ( tengah ) Jawa Tengah – […]

  Jakarta – Kekuatan Petahana dalam pilkada Kabupaten Kubu Raya masih tinggi. Sebab popularitas dan […]