Nawacita News
Nawacita News

Kejari Manokwari Resmi Terima Tahap I Kasus Grand Prix Masni

 

MANOKWARI, — Kejaksaan Negeri (Kejari) Manokwari hari ini ( 27/11) resmi menerima pelimpahan tahap I satu kasus korupsi, yang menjerat oknum pejabat di lingkungan Pemprov Papua Barat yakni SE dan salah satu stafnya JSA. Dimana pelimpahan berkas perkara tahap I ke kejaksaan Manokwari adalah hutang penyidik kepada jaksa sejak telah diterbitkannya SPDP sejak senin (6/11/2017) lalu.

Asisten Pidana Khusus Kejari Manokwari, Muslim menyebutkan, dengan telah melimpahkan kasus tersebut oleh tim penyidik Polres Manokwari, proyek pengadaan tanah untuk sirkuit Grand Prix Masni melalui sumber APBD Papua Barat di Biro Pemerintahan Papua Barat sebesar Rp. 2,9 miliar agar segera dituntaskan dan dikirim ke meja hijau pengadilan.

” Iya tadi barusan, (senin 27/11,red) dari penyidik polres sudah menyerahkan tahap I dikejaksaan terkait kasus sirkuit masni, “Ujar Muslim, melalui via seluler (27/11) sore.

Muslim menegaskan dengan telah diterima Tahap I BAP, Jaksa Penuntut Umum (JPU)  akan segera meneliti hal ini untuk segera BAP supaya dinilai oleh PU kelayakan dan kelengkapannya, kalau belum lengkap maka diberikan catatan-catatan kepada penyidik untuk melengkapi BAP dengan tambahan informasi tertentu. Sehingga tanggung jawab tersangka masih di Penyidik.

“Pada tahap I, tanggung jawab tersangka masih berada di penyidik,  pengiriman berkas tahap I ini agar perkara untuk diteliti untuk kelengkapan  P-21 atau tahap II,”Jelas Muslim.

” Dimana Proses penyerahan perkara antara penyidik dengan Penunut Umum disebut Pra Penuntutan (Ps 110 KUHAP). Jangka waktu pengembalian berkas dari Penuntut Umum ke Penyidik adalah 14 hari,”Tambah Muslim.

Muslim menegaskan, terkait penanganan kasus korupsi sejauh ini pihak kejari tidak ada kompromi, dan sesuai mekanisme prosedur hukum tetap berjalan. Sehingga dirinya optimis, kasus terkait sirkuit Masni akan segera tuntas. Dan dirinya juga menghimbau masyarakat bersama mengawal kasus ini, terutama bagi masyarakat kampung Bowi Subur, SP 6, Distrik Masni, Kabupaten Manokwari. (ian)

Baca Juga  Diduga Korupsi Miliaran, Kadis DKP Halmahera Selatan Potensi Tersangka

  Bandung – Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi hasil penghitungan suara KPU Provinsi, Pemilihan Gubernur dan […]

  Jakarta – Rezim Joko Widodo (Jokowi) telah melenceng dari ajaran pendiri bangsa dan tujuan […]

  Bekasi – Untuk memeriahkan semarak pesta demokrasi Tanggal 27 Juni 2018, Komunitas Jaringan Suara […]

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Intan Fitriana Fauzi BEKASI –  Menjelang Pemilihan Calon Walikota […]

Kunjungan Kerja Ketua Komisi II DPR RI Zainudin Amali, Wakil Ketua Komisi II DPR RI […]