Nawacita News
Nawacita News

PT Agung Buana Mandiri Diduga Tipu Warga Bekasi

Jakarta –  Ratusan massa aksi Gabungan Konsumen Perumahan Green Gading Setu (GGS) dan Pemuda/Mahasiswa Bekasi, menggeruduk kantor Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas HAM) Jakarta, Senin (15/1). Massa menuntut pengembalian booking fee dan down payment (DP) yang hingga dua tahun ini tidak kunjung dibayarkan.

Korlap Aksi Demo Damai, Pratigto, meminta  Komnas HAM Jakarta untuk segera turun tangan melakukan investigasi, karena selama ini konsumen GGS sulit untuk mendapatkan keadilan hukum.

“Kami melihat ada kekuatan yang membuat hukum sulit ditegakkan di Kabupaten Bekasi ini, alias tajam ke bawah dan tumpul ke atas,” tegasnya di hadapan para peserta massa aksi.

Pratigto juga meminta pimpinan Polri untuk melakukan penyidikan dugaan penipuan dan penggelapan yang dilakukan pengembang PT Agung Buana Mandiri (ABM), dengan korban ratusan warga miskin, buruh dan PNS dari Jabodetabek.

“Kita minta agar kasus ini diproses secepat-cepatnya. Dan pelakunya segera ditersangkakan, ditahan, dan asetnya disita untuk mengganti uang booking fee dan DP konsumen,” tambahnya.

Tidak hanya itu, dirinya juga meminta Ombudsman mencari tahu kenapa selama ini Pemkab Bekasi dan pihak terkait lainnya membiarkan PT ABM melakukan penjualan rumah subsidi, tetapi rumah tersebut fiktif atau tidak dibangun.

“Kenapa Pemkab tidak mengambil tindakan pencegahan. Apakah ada kekuatan yang menghalangi terungkapnya kasus ini, sampai ke-akarakarnya,” ungkapnya.

Tigto menjelaskan, sudah dua tahun lebih PT ABM sebagai pengembang Perumahan GGS tidak mengembalikan uang booking fee, DP dan kelebihan tanah dari konsumen. Nilainya bervariasi mulai dari Rp5 Juta sampai Rp60 Juta, dengan total sleuruhnya sekitar Rp5 Miliar. Dan sampai saat ini hanya rumah contoh Perum GGS yang dibangun oleh PT ABM, sementara rumah pesanan konsumen belum dibangun sama sekali. Red

Baca Juga  Warga Pulau Pari Ditangkap, Ada Upaya Kriminalisasi Agar PT Bumi pari Asih Untuk Menguasai Lahan

  Jakarta – RKIH Gelar Bukber Dan Renungan Kebangkitan Nasional Bertempat di Hotel 88 Jaksel […]

Jakarta – Juru bicara Jaringan ’98 Ricky Tamba menghimbau Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membatalkan […]

Wartawan Senior Zulkarnain Al Regar Bekasi -Pesta demokrasi untuk memilih pemimpin Kota Bekasi akan dilakukan […]

  ROTE NDAO – Dalam Rangka menyongsong 1 Tahun Proses penyelengaraan Pemilihan DPR,DPD,DPRD Provinsi,DPRD Kabupaten,dan […]

  Kupang – Calon Wakil Gubernur perempuan NTT bukanlah rekor pertama Emelia J. Nomleni. Sebelumnya, […]