Nawacita News
Nawacita News

Idrus mundur, Presiden Jokowi lantik Agus Gumiwang jadi Menteri Sosial

Presiden Jokowi Lantik Agus Gumiwang Menjadi Mentri Sosial

Jakarta – Sikap ksatria ditunjukkan Idrus Marham, yang sontak menyatakan mundur dari jabatannya sebagai Menteri Sosial RI.

Kendati statusnya belum ditetapkan sebagai tersangka (baru sebagai saksi dan sudah tiga kali diperiksa dalam kasus PLN, Red), namun, karena KPK telah menaikkan proses penyelidikan jadi penyidikan, Idrus pun mengambil sikap.

“Kalau sudah penyidikan khan, berartu sudah tersangka,” tegasnya sembari menyatakan, siap mundur juga dari keanggotaan Partai Golkar, agar tak jadi beban moral, sekaligus mau berkonsentrasi menyelesaikan proses hukum yang menimpanya.

Beberapa jam setelah pengunduran dirinya, politikus Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita resmi menjabat sebagai Menteri Sosial.

Dia menggantikan Idrus Marham yang mengundurkan diri karena diduga akan dijadikan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Idrus praktis cuma tujuh bulan menjsbat Mensos, menggantikan Khofifah Indar Parawansa, yang mengikuti Pilgub Jatim.

Dilantik Presiden Jokowi

Jabatan barunya itu diemban melalui prosesi pelantikan yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi, Jumat (24/8/18) pukul 15.20 WIB di Istana Negara, Jakarta.

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Presiden Nomor 148p Tahun 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Sosial dalam Sisa Masa Jabatan Tahun 2014-2019 oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Cecep Sutiawan.

“Menetapkan, pertama, memberhentikan saudara Idrus Marham sebagai Menteri Sosial Kabinet Kerja dalam sisa masa jabatan 2014-2019 disertai ucapan terima kasih atas pengabdian kebada bangsa dan negara selama memangku jabatan tersebut,” ujar Cecep.

“Kedua, mengangkat saudara Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Menteri Sosial Kabinet Kerja dalam sisa masa jabatan periode 2014-2019,” lanjut dia.

Keputusan presiden itu mulai berlaku sejak saat pelantikan dan ditetapkan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 24 Agustus 2018.

Baca Juga  Nelayan Pulau Pari Tidak Terbukti Melakukan Tindak Pidana

Usai itu, Agus mengucapkan sumpah jabatan dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi. Sepanjang pengucapan sumpah jabatan itu, Agus didampingi rohaniwan yang menumpangkan Alquran di atas kepala Agus.

Berikut salah satu bait sumpah jabatan yang diucapkan Agus:

Demi Allah aaya bersumpah, bahwa saya, setia kepada UUD Negara Republik Indonesia19945 dan akan memelihara segala undang-undang dan peraturan yang berlaku bagi negara Republik Indonesia.

Prosesi pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan, baik oleh Agus sendiri maupun oleh Presiden Jokowi.

Acara ditutup dengan pengucapan selamat oleh Presiden Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta seluruh tamu undangan.

Pelantikan itu turut dihadiri Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Bie

  PEKANBARU – Bawaslu Provinsi Riau telah melaksanakan Pleno dalam mengambil keputusan terhadap pelaporan tindak […]

  Cibinong – Puluhan pengurus Projo Bogor menyatakan menarik dukungan yang telah diberikan kepada Joko […]

Relawan Melati Putih Indonesia (MPI) menggelar talkshow yang bertajuk “Menuju Indonesia Baru Jakarta- Relawan Melati […]

  Bekasi -Ulang Tahun Golkar ke 54 akan membuat kepengurusan daerah – daerah memberi kegiatan […]

Relawan Indonesia Muda Menggelar Diskusi Rutin di Tebet Jakarta Selatan  Jakarta – Relawan Indonesia Muda […]