Membangun SDM HIMMAH NW Berbasis Start-Up

By On Desember 31, 2020

Oleh: Muhip Abdul Majid
(Koordinator Biro Partisipasi Pembangunan Daerah & Hubunggan Internasional DPP HIMMAH NW)


Dengan dilaksanakanya acara pelantikan dan Rapat Pengurus Pimpinan Pusat (RAPIMPUS) HIMMAH NW Tahun 2020-2023 yang dilaksanakan sejak tanggal 27-31 Desember 2020 di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kami Biro Partisipasi Pembagunan Daerah dan Hubunggan Internasional DPP HIMMAH akan serius untuk menjadikan SDM organisasi HIMMAH NW yang mandiri dan memiliki skills yang memupuni dalam bidang kewirausahaan yang berbasis Start-Up.

Kami memandang bahwa dengan melahirkan banyak kader yang berjiwa enterpereneur akan membantu pemerintah dalam mengurangi penganguran di Indonesia. Lebih lanjut kami berpendapat bahwa, bisnis berbasis Start-Up sangat menjanjikan untuk anak muda, karena untuk memulainya bisnis Start-Up tidak membutuhkan modal yang besar namun cukup dengan memiliki kemauan dan tekat yang kuat untuk memulai itu adalah hal yang utama.  

Sudah banyak contoh negara-nera  maju yang bisa kita jadikan sebagai acuan untuk membagun SDM organisasi khusunya anak-anak muda yaitu negara Korea. Negara Korea adalah negara yang pemerintahnya sukses membagun SDM khusunya anak-anak mudanya dengan mendukung penuh dalam membuat bisnis berbasis Start-Up. Hal Ini di tandai dengan dibuatnya sebuah Filem Derama Korea dengan judul Star-Up yang diperankan oleh Han Ji Pyeong, Nam Do San dan Seo Dal Mi.

Ketiga tokoh pemeran utama di atas dapat kita ambil pelajaran sebagai anak muda dalam membagun bisnis berbasis Start-Up. Misalnya dari tokoh Han Ji Pyeong, dia memiliki awal kehidupan yang sulit dan memulai semunya dari nol. He doesn’t born with  silver spoon. Dari Ji Pyeong, kita belajar bahwa semua orang punya kesempatan sukses yang sama, nggak peduli latar belakang seseorang. Dengan kemauan yang keras dan semangat pantang menyerah, kesuksesan akan datang pada akhirnya. Kemudian dari tokoh Nam Do San pendiri Samsan Tech ini adalah tokoh yang super humble, selfless dan nggak neko-neko. 

Mulai dari memberikan medali olimpiade matematika ke lawan sampai begadang semalaman membantu temanya yang kena seranggan haker, Do San nggak mikir dua kali untuk mengulurkan tangganya.Dia juga nggak ragu untuk step down dari perusahaan yang dia rintis ketika dia sadar, Samsan Tech butuh sosok CEO yang lebih baik dari dirinya. 

Tokoh terakhir yang dapat kita ambil pelajaran darinya dalam membagun bisnis Start-Up adalah salah tokoh perempuan cantik namun memiliki semanggat dan jiwa kepemimpinan yang kuat yaitu Seo Dal Mi. Berawal dari mimpinya untuk naik lift ke lantai atas, Dal Mi mewujutkan mimpinya untuk mulai berbisnis. She is very determinant and donesn’t receive “no” easily. Meskipun menemui banyak rintanggan di tengah jalan, she always gets up. She identifies what she wants, mau belajar, dan nggak malu bertanya kalu nggak tahu. Nah dari tokoh-tokoh filem derama korea di atas dapat di jadikan motivasi untuk memulai bisnis Start-Up.

Kemudian lebih lanjut saya Muhip Abdul Majid bersama Burhanudin Hamdi dan Fuat berpendapat bahwa langkah awal untuk melaksanakan program ini adalah akan dimulai dengan memberikan  pelatihan dan workshop tentang penigkatan kulitas dan skills kader mengenai bisnis Start-Up dengan menghadirkan perktisi yang sudah sukses membagun bisnis Start-Up. 

Selain itu menjalin kerjasama antara pemerintah daerah maupun pusat, universitas dan perusahaan-perusahaan yang bergerak di bisnis Star-Up jugak akan tetap dilakukan. Karena dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh orang Korea Tae Kyung Sung (2009) dengan judul Technology Transfer in the IT industry:  A Korean perspective mengatakan bahwa bisnis Start-Up tidak akan bisa berkembang apa bila dukunggan dari pemerintah, kolaborasi antar tim, dukunggan manajemen dan insentif untuk transfer tidak terpenuhi dalam membagun bisnis Start-Up. 

Kami yakin dengan menjalankan program seperti ini kedepan HIMMAH NW tidak hanya akan melahirkan kader-kader yang Profesional Moralis namun akan melahirkan kader-kader yang berjiwa entrepereneur sesuai dengan  perkembangan zaman.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »