KSR PMI Unit Universitas Hamzanwadi Resmi Melakukan Pembinaan Mitigasi Bencana

By On Agustus 26, 2021

                         FOTO: Istimewa.

LOTIM BumiGoraMedia.com - PHP2D adalah kegiatan Pembinaan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) atau Lembaga Eksekutif Mahasiswa lainya. Kegiatan ini juga merupakan kegiatan di bawah naungan Kmendikbud RI sebagai penyelenggara utama bagi seluruh PTN dan PTS se Indonesia.

Mendapat kesempatan dan terpilih melalui pengajuan proposal dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Satuan Relawan Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) unit Universitas Hamzanwadi resmi melalukan pembinaan mitigasi bencana kepada masyarakat di Desa Sapit Kec. Suela, Kab. Lombok Timur.

Kegiatan pembukaan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) pada kamis pagi (26/08/2021). Turut hadir pada acara pembukaan; Kepala Desa Sapit, Kepala Wilayah se-Desa Sapit, Ketua BPBD Lombok Timur, Ketua PMI Lombok Timur, Kepala Biro UKK Universitas Hamzanwadi, Kepala Unit P3MP Universitas Hamzanwadi, dan juga Wakil Rektor (Warek) 3 Universitas Hamzanwadi sekaligus sebgai pembuka acara.
Adapun mekanisme sebelum pelaksanaan PHP2D terlebih dahulu kelompok mahasiswa dari berbagai PTN dan PTS mengajukan proposal kemudian dilaksanakan seleksi berkas proposal yang diajukan oleh organisasi kemahasiswaan tersebut. KSR-PMI Universitas Hamzanwadi merupakan salah satu dari sekian organisasi kemahasiswaan se-Indonesia yang lolos pada tahapan tersebut.

Dengan mengangkat tema “Mengoptimalkan program siaga bencana berbasis masyarakat”, program tersebut akan dilaksanakan di Desa Sapit, Kecamatan Suela, Lombok timur selama kurun waktu 3 bulan, sedang pesertanya sebanyak 25 orang anggota KSR akan terlibat langsung sebagai tim yang akan memberikan pendampingan kepada masayarakat terkait Mitigasi Bencana.

Menurut Ketua Tim pelaksana, rangkaian kegiatan sudah dilaksanakan sejak bulan juli hingga bulan oktober mendatang.

Sementara itu, dalam sambutannya Kepala Desa Sapit memberikan apresiasi tinggi dan siap mendukung terhadap pelaksanaan kegitan yang akan dilaksanakan nantinya.

“Alhamdulillah ini merupakan sebuah reaksi dari upaya-upaya kita di Desa dalam meningkatkan tanggap bencana”. Tegas Kepala Desa dalam sambutanya.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan, "Kami atas nama Pemerintah Desa Sapit sangat menerima dengan baik kedatangan adik-adik mahasiswa yang nantinya akan melaksanakan program PHP2D di Desa kami ini." tambahnya

Hampir senada dengan itu, Warek 3 Universitas Hamzanwadi, Dr. H. Musifuddin mengucapkan, Selamat atas lolosnya tim dari KSR-PMI Universitas Hamzanwadi dalam PHP2D tahun ini. Warek 3 juga mengingatkan.

“Masyarakat awam biasanya lebih cepat disentuh dengan 1kg beras dibanding dengan kita memberikan pendidikan kepada mereka berhari-hari. Hal tersebut merupakan tantangan yang akan dihadapi oleh adik-adik mahasiswa pelaksana PHP2D KSR dalam pelaksanaan program kedepannya." ujar Musifuddin selaku Wakil Rektor 3 Universitas Hamzanwadi. (BM-Gus)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »